Home » » Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Sebagian orang menilai mencuci mobil adalah perkejaan yang membosankan dan juga kadang disepelekan. Karena mereka menganggap, mencuci mobil hanya menghabiskan waktu, toh nanti mobilnya akan kotor lagi. Padahal, mencuci mobil itu sangat penting untuk merawat mobil.
Memang, untuk mencuci mobil sendiri tidak ada teknik khusus yang diperlukan. Karena mencuci mobil bisa dilakukan semua orang. Namun, jika Anda salah saat mencuci mobil, bisa-bisa menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Seperti cat yang kusam, mesin mobil yang terkena air, atau hal yang lebih buruk.
Nah, berikut ini adalah sedikit tips mencuci mobil agar membuat cat mobil Anda lebih berkilau dan tetap terlihat seperti baru alias kinclong;  
Hilangkan Debu
Pertama, tentunya bersihkan dulu debu-debu yang menempel pada mobil Anda. Karena jika Anda mencuci mobil langsung bisa berakibat yang fatal. Contohnya saja pada saat mencuci mobil dan masih ada debu yang menempel, nantinya cat mobil Anda akan tergores. Sehingga menyebabkan baret-baret halus, dan lebih parahnya, baret yang terlihat jelas.
Keluarkan Bagian Dalam
Jika Anda juga mencuci bagian dalam mobil, alangkah baiknya untuk mengeluarkan semua interior yang ada pada bagian dalam mobil untuk menghindari kerusakan. Selain itu, usahakan untuk mencuci bagian dalam mobil terlebih dahulu sebelum mencuci bagian luar mobil.
Basuh dengan Air Terlebih Dahulu
Sebelum mencuci dengan sabun, siram terlebih dahulu mobil dengan air bersih. Anda bisa memanfaatkan selang yang memiliki tekanan tinggi.
Gunakan Shampoo Khusus
Kadang hal ini yang sering dilupakan oleh pemilik mobil. Mereka menggunakan sembarang sabun atau shampoo untuk mencuci mobil mereka. Sehingga menyebabkan baretan pada mobil.  Sebaiknya Anda menggunakan shampoo khusus untuk membersihkan mobil. Selain bisa menjaga cat mobil lebih awet, juga memberikan kesan mobil tampak mengkilap.
Gunakan Spon Atau Kain Halus
Gunakan bahan khusus seperti spon atau bahan kaos juga sangat berpengaruh saat Anda membersihkan mobil. Karena dengan bahan ini, akan meminimalisir terjadinya goresan dengan pasir atau debu yang mungkin masih menempel pada mobil.
Keringkan Mobil dengan Benar
Saat mengeringkan mobil, segelintir orang menjemurnya pada tempat yang panas. Sebenarnya hal ini tidak salah, namun hal tersebut bisa mengakibatkan cat mobil bisa berjamur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menempatkan mobil pada tempat yang teduh sesaat setelah selesai mencuci.
Gunakan Polish
Untuk lebih memperindah cat mobil Anda,  bisa menggunakan polish untuk lebih mengkilapkan cat. Karena dengan polish, mobil Anda akan terlihat seperti baru, walaupun sebenarnya mobil Anda sudah usang.

0 komentar:

Poskan Komentar