Home » » POLISI JUGA MANUSIA.......

POLISI JUGA MANUSIA.......


Dalam suatu siaran berita di beberapa siaran TV swasta di tanah air sempat membuat saya berpikiran miris akan kualitas siaran beritanya. Ini dikarenakan dalam siaran berita tersebut mengulas tentang “kebobrokan”(seperti dikutip dlm berita tsb) aparat penegak hukum khususnya polisi yang dikemas dalam satu “take” berita tersendiri.
Mengapa saya menjadi miris? Ini dikarenakan liputan tersebut hanya mengkhususkan berita tentang kekurangan yang terjadi di tubuh Polri yang semestinya menurut saya beberapa stasiun TV tersebut sebaiknya tidak hanya menyiarkan tentang “kebobrokan” aparat polisi saja tetapi juga “paling tidak” menyiarkan “frame” tersendiri tentang keberhasilan ataupun kemajuan dalam penegakan hukum oleh polisi sehingga terjadi azas keseimbangan dalam penyiaran berita kepada masyarakat.
Dampak yang kurang baik yang timbul dimasyarakat bila tidak adanya keseimbangan dalam penyiaran berita adalah timbulnya ketimpangan pemikiran yang terbentuk melalui opini yang terjadi melalui berita tersebut di mata masyarakat, dan secara tidak langsung membuat suatu pemikiran pada satu “sisi” saja, dalam hal ini.. bila yang dimunculkan hanya kekurangan yang terdapat pada tubuh polisi saja maka opini negatif terhadap polisi sebagai dampak dari terbentuknya opini negatif oleh masyarakat akan semakin meningkat dan ini hanya akan berdampak pada makin tingginya pemikiran negatif terhadap polisi yang secara tidak langsung akan terjadinya proses “viktimisasi” terhadap polisi dan bisa jadi “labelling” yang selama ini sudah dibentuk oleh masyarakat tidak akan pernah positif.
Sekiranya setiap stasiun televisi harus memperhatikan adanya azas keseimbangan dalam setiap pemberitaannya. Setiap orang tidak ada yang sempurna, Setiap instansi ataupun organisasi pasti punya kekurangan dan juga punya kelebihan. Saya pun berusaha untuk mengambil sikap positif yang timbul dari pemberitaan tersebut sebagai kontrol sosial yang harus ditindak lanjuti dan berusaha untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Polisi juga manusia..iya khan?


0 komentar:

Poskan Komentar